Mengugkap Sejuta Manfaat Puasa Bagi Tubuh dan Kesehatan

Asal Muasal Puasa Bagi Manusia

Puasa hanya tinggal hitungan hari. Pemerintah akan menentukan hilal atau awal bulan ramadhan. Umat agama terbesar kedua di dunia ini akan menjalankan ibadah puasa atau ramadhan. Bulan yang penuh rahmat oleh sebab Tuhan akan memberikan sejuta manfaat dan berkat bagi mereka yang menjalankannya.

Tidak salah jika kiranya saya memulai mengucapkan “Selamat Ibadah Puasa dan Semoga pada bulan Ramadhan ini, Segala Ibadahnya mendapat pahala berlipat ganda dan dosa-dosanya dihapuskan. Amin”

Sejaka zaman dahulu puasa tidak hanya sekedar untuk ritual keagamaan saja, dipercaya ritual puasa ini memiliki sejuta manfaat.

Apakah tujuan dan maksud Tuhan menjadikan puasa?
Kapankah waktu yang baik untuk berpuasa?
Bagaimanakah puasa yang benar?
Apakah tujuan puasa yang benar bagi manusia

Tidak hanya agama Islam yang menjalani puasa, umat lain juga memiliki hari puasa. Umat Kristen, hindu, dan Budha juga memiliki puasa.

Berbeda dengan umat Islam yang memiliki ritual tetap setiap tahun untuk berpuasa, Umat lain menganjurkan umatnya untuk berpuasa juga dan tidak menentukan tanggal dan harinya sehingga tampak tidak ada acara ritual puasa.

Dalam Islam ada puasa wajib dan adapulan puasa sunnah. Puasa wajib adalah puasa yang dilaksanakan satu tahun sekali selama satu bulan. Sedangkan puasa sunnah adalah puasa senin kamis atau puasa arafah.

Dalam hindu banyak sekali puasa, mulai dari nyepi, puasa penghapusan dosa dan lainnya.

Dalam Budha puasa berarti bertapa atau mengasingkan diri di kuil atau di ruang doa.

Apapun bentuk puasanya, ataupun agamanya Puasa memiliki arti menahan diri. Menahan diri dari rasa haus dan lapar, menahan diri dari amarah dan nafsu.

Puasa menjadi syarat dalam menentukan keimanan seseorang dan juga ketakwaannya pada Tuhan.puasa, manfaat puasa, manfaat puasa bagi kesehatan

Manfaat Puasa Bagi tubuh dan Kesehatan bagi Yang Menjalankannya

Puasa tidak hanya sekedar ritual kegamaan semata, selain itu puasa memiliki banya manfaat bagi kesehatan. Adapun manfaat puasa bagi kesehatan adalah:
1. Membuang racun dari tubuh.
Puasa membuat kita memasukkan sedikit makanan, sehingga tidak banyak makanan yang sisa dalam pencernaan, maka pencernaan memiliki banyak waktu untuk mencerna dan membuang makanan.

2. Membantu menurunkan berat badan
Ketika anda makan lebih sedikit dari biasanya, maka tubuh anda akan membakar lemak dalam tubuh menjadi energi. Tubuh anda tidak akan membuang lemak berlebih bila anda makan lebih banyak saat berpuasa dan berbuka, melainkan menambah berat badan.

Jika anda ingin menurunan berat badan, puasa adalah metoda dan saat yang tepat.

3.  Membuat insulin lebih sensitiFasting
Terlalu banyak gula atau karbohidarat dalam darah membuat pankreas bekerja keras untuk menurunkan gula dalam darah dengan memproduksi insulin. Ketika gula dalam darah selalu tinggi maka sensitifitas insulin dapat terganggu.
Puasa membantu anda menurunkan kadar gula dalam darah serta membakar lemak dalam tubuh.

4. Mempercepat metabolise
Puasa memberikan waktu yang lebih panjang bagi pencernaan untuk mencerna makanan serta memberikan kesempatan untuk pencernaan beristirahat.

Makan yang terlalu banyak akan membuat pencernaan rusak.

5.  membuat panjang umur.
Sejatinya bagi mereka yang menjalankan puasa, maka mereka memberikan kesempatan untuk tubuh beristirahat dari pekerjaan berat. Makan yang cukup akan membuat anda panjang umur.

6. membuat anda lebih tahan lapar
Ketika kita mampu menahan lapar dan haus maka tubuh akan merespon positif akan rasa lapar. Sehingga anda akan tidak ingin makan walau masih kenyang.

Hormon akan membantu anda untuk bertahan diri dari rasa lapar.

7. Memerbaiki pola makan
Pola makan yang salah adalah sumber petaka bagi kesehatan, serta membantu anda untuk memperbaiki pola makan anda.

Pola makan yang baik adalah sumber kesehatan.

8. Membantu fungsi otak maksimal
Banyak makan membuat otak berkonsentrasi untuk mencerna makanan. tidak heran bila anda makan maka rasa ngantuk akan terasa.

Ketika kita kenyang otak kita tidak akan fokus pada fungsi utamanya mengatur fungsi tubuh.

9. Meningkatkan daya tahan tubuh
Pola makan yang baik, pencernaan yang sehat akan meningkatkan daya tahan tubuh.

Puasa membantu anda membuang racun dan lemak dalam tubuh.

10. Membuat hidup lebih bermakna
Ketika tubuh tidak berfokus pada makanan, maka tubuh akan lebih mudah berkonsentrasi, membaca, dan meditasi.

Ketika dalam tubuh lebih sedikit makanan, maka energi akan fokus pada hal lain yang lebih produktif.

11. Membuat kulit cantik dan terbebas dari jerawat
Jerawat terbuat dari lemak dan bakteri. Tubuh anda akan terhindar dari jerawat bila makan lebih sedikit karna sedikit lemak.

Tubuh akan membuang racun melalui kulit juga, bila terlalu banyak racun yang menumpuk dalam tubuh.

12. Membantu menahan diri dari amarah
Tugas dalam menjalankan ibadah ini adalah untuk menahan diri dari rasa amarah dan hawa nafsu bukan rasa lapar itu sendiri. Menahan rasa lapar dan haus itu hanya permukaannya saja, tetapi esensi yang paling dalam adalah pengendalian diri dari rasa marahm bencim dendam serta meningkatkan rasa peduli.

13. Meningkatkan toleransi
Andalah yang harus mengerti orang lain bukan anda yang dimengeri karena anda sedang mendekatkan diri dengan Tuhan. Ketika kita dekat dengan Tuhan maka kesebaran dan toleransi menjadi milik anda

14. Meningkatkan iman
Iman meningkat bila berhasil menjalankan ibadah dengan baik. Perjalanan keimanan akan lebih baik setelah menjalankan pencobaan. Ketika seseorang berhasil menjalankan suatu ibadah tanpa pencobaan yang berat maka hasilnya tidaklah terlalu puas atau lebih baik.

Semakin besar pencobaan ketika berpuasa maka semakin besar pula pahalanya. Puasa dimana orang lain berpuasa memiliki sedikit pencobaan, akan tetapi ketika kita berada dimana orang lain tidak berpuasa maka pencobaan semakin besar. Kekuatan keimanan dan niat yang sungguh-sungguh diuji.

Cara Menjadikan Puasa sukses dan Menjadi berkat

Puasa akan menjadi berkat bila dijalankan sesuai dengan kaidah. Tidak semua puasa dapat menjadi berkat apabila tidak memiliki niatan dan cara yang baik. Inilah cara menjadikan puasa sukses dan menjadi berkat:
1. Mulai dengan niat yang tulus dan iklas
2. Mulai dengan doa memohon kekuatan dan petunjuk
3. Makan tidak terlalu kenyang
4. Hindari makanan yang berlemak dan terlalu manis: soft drink
5. Istirahat yang cukup
6. Hindari bergosip
7. Tanamkan dalam diri untuk selalu sabar dan tidak mudah marah
8. Hormati orang yang tidak berpuasa
9. Jadikan puasa jadi momen intropeksi diri.

Selamat ibadah puasa.

Other articles you might like;

0 thoughts on “Mengugkap Sejuta Manfaat Puasa Bagi Tubuh dan Kesehatan”

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *