Mengagumkan! Ini Alasan Mengapa Organ Tubuh Berpasangan

Mengapa Organ tubuh berpasangan harus dicipatakan?

Organ Tubuh Berpasangan haruskah? Kita memiliki tangan, kaki, Telinga, mata, dan bibir berpasangan, Tetapi mengapa tidak lidah, otak, atau jantung? Pernahkah anda bertanya mengapa?

Penemuan menemukan bahwa “Acoel” adalah mikroorganisme yang berbentuk simetris. Oleh sebab evolusi mikroorganisme ini berkembang biak menjadi binatang vertebrata. Hal ini terbukti apabila kita membelah dua bagian tubuh binatang vertebrata maka kita mendapatka dua buah sisi yang sama. Manusia adalah termasuk diantaranya.

Alasan mengapa vertebrata memilik Organ Tubuh Berpasangan adalah:
1. Mempermudah mobilisasi atau gerak
2. Mempermudah pengontrolah sistem saraf
3. Agar tubuh terlihat indah
4. Atau…

Organ Tubuh Berpasangan yang ada pada manusia

Sebenarnya ketiga hal diatas bukanlah alasan mengapa Organ Tubuh Berpasangan. Mari kita lihat Organ Tubuh Berpasangan manusia, seperti:
1. Mata
Mata adalah salah satu Organ Tubuh Berpasangan. Kita dapat melihat dengan satu mata tentunya. Coba kita tutup salah satu mata kita. kita tetap masih bisa melihat bukan? Tetapi mata dibuat berpasangan agar kita memiliki persepsi yang lebih baik mengenai bentuk dan detail dari sesuatu. Sehingga kita dapat melihat dengan fokus.

2. Ginjal
Organ Tubuh Berpasangan kedua yang kita bahasa adalah ginjal. Bagi mereka yang mengalami gagal ginjal, dan mendapat donor satu ginjal tahu bagaimana hidup mereka terselamatkan dengan hanya satu ginjal saja.
Lalu untuk apa kita punya dua? Bukankah Organ Tubuh yang satunya percuma?

Penelitian membuktikan bahwa 16 tahun pertama kehidupan orang yang mendonorkan ginjalnya tidak mengalami gangguan yang sangat berarti. Tetapi pada 20 tahun setelahnya mereka yang mendonorkan ginjalnya mulai mengalami gangguan kesehatan. Ginjal adalah Organ Tubuh Berpasangan yang sangat penting.

Adapun alasan mengapa Ginjal dibuat berpasangan atau menjadi Organ Tubuh Berpasangan adalah karena untuk mempertahankan fungsi seluruh oragan kita. Ginjal bertindak seperti penyaring kotoran dalam tubuh. Kita membutuhkan sepasang penyaring untuk membuat tubuh berfungsi dengan baik. karena menyaring darah dari kotoran atau sisa metabolisme adalah tugas dan tanggung jawab yang berat.

Ketika kita hanya memiliki satu ginjal saja, sudah barang tentu ginjal tersebut, lama kelamaan akan menjadi rusak atau kelelahan dan fungsinya sebagai penyaringa akan hilang atau rusak. Dan hasilnya cuci darah atau kematian tinggal menunggu hari.

Organ Tubuh Berpasangan lainnya adalah:
– Testis
– Tuba falopi
– Paru-paru
– Amandel
– Payu daraOrgan Tubuh Berpasangan, Organ tubuh bilateral

Organ tubuh manusia yang terlihat tunggal namun merupakan Organ Tubuh Berpasangan

Tampaknya hampir seluruh organ vital dalam tubuh kita dibuat menjadi Organ Tubuh Berpasangan. Mari kita lihat organ tubuh kita yang tunggal tapi juga dibuat sepasang, seperti:

1. Otak
Otak manusia terlihat hanya satu bagian besar tidak seperti tangan atau telinga yang terlihat jelas terbagi dua. Namun para ilmuwan membagi otak manusia menjadi otak kiri dan otak kanan. Otak kiri bertanggung jawab untuk menggerakkan bagian tubuh sebelah kanan demikian pula bagian tubuh sebelah kiri diatur gerakknya oleh otak kanan.

2. Jantung
Secara kasat mata kita dapat melihat bahwa jantung tidak termasuk dalam Organ Tubuh Berpasangan, tapi tahukan kita bahwa jantung memiliki empat ruang.

Jantung juga merupakan organ tubuh yang berpasangan. Keempat ruang jantung kita tersebut dibagi menjadi 2. 2 Bagian atas disebut atrium, bagain bawah disebut ventrikel.

Jantung kita adalah Organ Tubuh Berpasangan yang dibuat menjadi satu, dan terletak pada bagian tengah badan, dimana fungsinya akan baik apabila seluruh bagian jantung sehat. Satu saja mangalai gangguan, maka sudah barang tentu tubuhpun akan sakit

Jantung bertanggung jawab untuk memberi makan dan mengalirkan darah ke seluruh tubuh, tanpa terkecuali memompa darah untuk dirinya sendiri.

3. Hati
Organ Tubuh Berpasangan yang berpasangan namun tampak tunggal adalah hati. Jika dalam lingkungan hidup sosial kita percaya bahwa kita dan pasangan kita adalah jodoh atau satu hati.

Tahukah kita bahwa pria dan manusia adalah dua insan yang berbeda bentuk dan peran. Sebenarnya hubungan antara pria dan wanita tidak cocok diibaratkan dengan jantung, oleh sebab jantung baik jantung kirir dan kanan adalah dua bentuk yang sama.

Organ tubuh yang cocok sebenarnya adalah hati. Hati berbeda dengan jantung yang selama ini orang persepsikan. Hati adalah liver.

Liver juga memiliki dua bagian yang disebut dengan lobus. Lobus kanan dan lobus kiri. Hati berfungsi sebagai pengatur zat nutrisi dalam darah seperti glukosa, protein, lemak dan vitamin.

Tidak cukup hanya sedikit waktu untuk membahas semua Organ Tubuh Berpasangan tapi setidaknya kita tahu, bahwa Tuhan menciptakan organ tubuh kita berpasangan agar saling melengkapi.

Masiha banyak rahasi mengapa Organ Tubuh Berpasangan. Ilmuwan sampai saat ini masih mencari tahu alasan mengapa Organ Tubuh Berpasangan, bahkan mencari tahu fungsi lain dari organ tubuh tersebut yang masih tersembunyi, walau sudah banyak buku yang menjelaskan mengenai fungsi organ tubuh tersebut. Sama seperti pertanyaan dari artikel ini ” Mengapa Organ Tubuh Berpasangan?”.

Other articles you might like;

Pencarian terkait:

  • organ tubuh yang berpasangan
  • apa saja organ yang berpasangan

0 thoughts on “Mengagumkan! Ini Alasan Mengapa Organ Tubuh Berpasangan”

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *