Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead

Prinsip dasar membaca EKG 12 lead

Saya berusaha untuk membuat artikel ini, sesimple mungkin untuk bisa dipelajari oleh siapa saja. Cara membaca EKG ini adalah dasar untuk belajar atau interpretasi EKG lanjutan. Semoga bisa bermanfaat.
Sebelum kita belajar cara membaca EKG, terlebih dahulu kita belajar prinsip dasar EKG, dan cara memasang EKG.Prinsip yang perlu anda tanamkan pada diri kita adalah “saya dapat membaca EKG 12 lead hanya dalam satu menit“, ya itu benar anda dapat membaca EKG 12 lead hanya dalam satu menit.  Membaca EKG bukanlah pekerjaan yang sulit, kita perlu terus berlatih membaca EKG. Kita akan sulit membaca EKG jika tidak memahami prinsip dasar EKG terlebih dahulu. saya membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk dapat membaca EKG. mungkin teman-teman juga sama seperti saya yang menganggap membaca EKG itu sulit. Mari kita mulai belajar membaca EKG

1. Apa itu EKG?
Pemahaman kita cara membaca EKG tidak akan lengkap sebelum kita mengetahui istilah EKG. EKG adalah singkatan dari tiga istilah yaitu elektrokardiogram, elektrocardiografi, dan elektrokardiograf. Elektrokardiogram merupakan gambaran utuh aktivitas listrik jantung baik normal maupun abnormal. Elektrokardiograf adalam alat yang digunakan untuk mengukur gambaran listrik jantung menggunakan elktroda yang diletakkan pada permukaan tubuh. Elektrocardiografi adalah proses aktifitas penguuran EKG mulai dari perekaman listrik jantung hingga menginterpretasi elektrocardiogram.

2. Apa fungsi EKG?
Tentu ilmu kita tidak akan lengkap dimana kita dapat membaca EKG 12 lead dengan cepat tapi tidak tahu fungsi dari EKG itu sendiri. Fungsi atau tujuan dari EKG itu sendiri adalah:
Mengetahui kelainan letak jantung
Mengetahui adanya pembesaran jantung
Mengetahui adanya gangguan listrik, dan irama jantung
Mengetahui efek obat-obat jantung
Mengetahui keseimbangan listrik jantung
Mengetahui adanya emboli paru
Mengetahui adanya kerusakan otot jantung, dan lokasi kerusakannya

EKG tidak dapat dilakukan untuk mengukur besarnya sumbatan pada pembuluh darah jantung, EKG tidak dapat dilakukan untuk mengetahui adanya kelainan pada katup jantung. Prinsip membaca EKG 12 lead yang penting.

3. Bagimana gambaran EKG terbentuk
Prinsip dasar penting lain dari Cara membaca EKG 12 adalah, bagaimana gelombang EKG itu terbentuk. Gelombang EKG hanya terdiri dari tiga bentuk, yaitu defleksi negatif, defleksi positif, dan defleksi bifasik.

proses pembentukan gelombang EKG, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead

  • Defleksi positif atau gelombang yang terbentuk mengarah ke atas apabila listrik jantung mengarah pada sandapan
  • Defleksi negatif atau gelombang yang terbentuk mengarah ke bawah apabila listrik jantung menjauhhi sandapan.
  • Defleksi bifasik atau gelombang yang terbentuk mengarah ke atas dan ke bawah apabila listrik jantung membentuk sudut tegak lurus dengan sandapan.

Membaca EKG, baik 12 lead ataupun 1 lead, harus memahami setiap lekukan pada kertas EKG. Semangat belajar membaca EKG.

Gambaran EKG 12 lead normal terdiri dari 3 bagian:
1. 3 buah sandapan Bipolar limb leads. “Bipolar limb leads” menggambarkan potongan jantung pada daerah frontal plane:

  • Lead I: merekam aktivitas listrik dari RA / tangan kanan bermuatan negatif ke LA lengan kiri bermuatan positif. lead 1 ini mengidentifikasi bagian jantung pada daerah lateral.
  • Lead II: merekam aktivitas listrik dari RA / tangan kanan bermuatan negatif ke LF kaki kiri bermuatan positif. Lead 2 mengidentifikasi bagian jantung pada daerah Inferior atas.
  • Lead III: merekam aktivitas listrik dari LA / lengatan kiri bermuatan negatif ke LF kaki kiri bermuatan positif. Lead 3 mengidentifikasi bagian jantung pada daerah Inferior atas.

2. 3 buah Sandapan Augmented unipolar limb leads. “Augmented unipolar limb leads” menggambarkan potongan jantung pada daerah frontal plane:
o Lead aVR: RA bermuatan + ke LA & LF bermuatan negatif.
o Lead aVL: LA bermuatan + ke RA & LF bermuatan negatif.
o Lead aVF: LF bermuatan + ke RA & LA bermuatan negatif.

3. 6 sandapan “Unipolar perikordial leads” atau  “chest leads”:
o Leads V1, V2, V3: Posterior Anterior
o Leads V4, V5, V6:Right Left, or lateral

Jangan patah semangat, anda pasti bisa membaca EKG, Ayo tinggal sedikit lagi materi yang anda perlu pelajari untuk membaca EKG.

4. Sistem konduksi jantung.
Agar dapat membaca EKG 12 lead dengan cepat kita perlu memahami sistem konduksi pada jantung.
Listrik jantung dapat terbentuk pada 3 daerah pada jantung, yaitu SA node, AV node, dan serat purkinye. Aliran listrik jantung normal dimulai dari AV node, menuju AV node melalui internodal anterior, midle internodal, dan posterior internodal.Setelah sampai pada AV node, listrik menuju serabut purkinye melalui bundle of his kemudian terbagi dua melalui left bundle branch, right bundle branch.

  • SA node atau sinoatrial node.Jumlah aliran listrik yang dapat terbentuk pada SA node adalah 60-100 kali per menit. Gambaran EKG yang terbentuk disebut irama sinus.
  • AV node atau atrioventrikular node. Jumlah aliran lisrik yang terbentuk adalah 40-60 kali per menit. Gambaran EKG yang terbentuk disebut Ventrikular
  • Purkinye. Jumlah aliran listrik yang dapat terbentuk adalah 20-40 kali per menit. Gembaran EKG yang terbentuk disebut junctional/ jungsional

Sumber listrik jantung terbentuk secara sistematis, dimana listrik jantung selalu terbentuk mulai di SA node, lalu di AV node, terakhir di purkinye. Apabila SA rusak, maka listrik diambil alih oleh AV node, begitu pula bila AV node rusak akan diambil alih oleh purkinye.

Bukan hanya listrik jantung yang bekerja secara sistematis, membaca EKG juga harus sistematis dan berurut.

5. Kertas EKG.
sebelum bisa membaca EKG, kita harus juga berkenalan dengan kertas EKG strip. dibawah ini adalah gambar kertas EKG.
kertas EKG, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Apa yang penting kita ketahui dari kertas EKG?

  • Kertas EKG terdiri dari kotak-kotak kecil, kemudian kotak-kotak kecil ini mengisi kotak-kotak yang lebih besar.
  • Satu kotak besar memiliki lebar sebanyak lima kotak kecil, dan tingginya lima kotak kecil.
  • Setiap kotak memberi informasi tentang waktu dan voltase.
  • Satuan waktu untuk setiap kotak kecil adalah detik/ second. sedangkan satuan voltase adalah mili volt. Berikut ini adalah prinsip yang perlu kita ketahui:
    • Ketika kita menghitung kotak kecil untuk menghitung jarak gelombang secara horizontal atau dari kiri ke kanan, maka kita sedang menghitung waktu terbentuknya gelombang tersebut.
    • Lebar satu kotak kecil sama dengan 0,04 detik
    • Ketika kita menghitung tinggi gelombang dari baseline atau garis bawah ke atas maka kita sedang menghitung voltase dari gelombang tersebut. Tingi satu kotak kecil sama dengan 0,1 mV

Kertas EKG adalah media penting dalam belajar membaca EKG. Tidak memahami simbol yang terdapat pada kertas EKG, sama dengan gagal belajar Membaca EKG.

6. Gelombang EKG normal
Prinsip dasar yang paling penting dari semua prinsip membaca EKG 12 lead dan EKG 1 lead adalah mengetahui nama gelombang pada EKG, serta bentuk gelombang EKG normal. Setiap satu denyut nadi kita dapat digambarkan dengan satu siklus gambaran EKG.  Dibawah ini merupakan satu siklus gambaran EKG kita dan diwakili dengan satu detak denyut nadi yang teraba pada tubuh kita. Penamaan gelombang EKG selalu mengikuti prinsip urutan alfabet.
gelombang ekg, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Mari kita mulai belajar Membaca EKG 12 lead dan 1 lead. Pelajaran pertama kita adalah mengenal gelombang EKG.

Membaca EKG :Gelombang P.

  • “Gelombang P” terbentuk akibat depolarisai atau kontraksi atrium.
  • Tinggi dan lebar gelombang P tidak boleh lebih dari 3 kotak kecil.
  • Gelombang P selalu di depan kompleks QRS, bila tidak maka ada masalah pada jantung.
  • Gelombang P selalu Negatif atau membentuk lembah pada lead aVR, selalu positif pada lead II. Apabila gelombang P positif atau membentuk gunung kecil pada lead aVR maka ada kesalahan dalam peletakan lead pada perikordial, atau ada kelainan pada axis jantung.
  • Bila ada Kelainan jumlah dan bentuk pada gelombang P, maka pada umumnya penamaan gelombang tersebut diawali dengan atrial, seperti “atrial fibrilasi, atrial flutter”.Berikut ini morfologi gelombang P

gelombang p, morfologi gelombang P, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Membaca EKG: PR Interval.
“PR interval” merupakan gambaran waktu yang dibutuhkan oleh jantung untuk mengisi Ventrikel.

Jarak PR interval adalah  0,12 detik sampai 0,12 detik. PR interval diukur dari awal gelombang P hingga awal gelombang Q. Jika PR interval pendek maka nama gelombang tersebut disebut Atrial ekstra sistol. Apabila PR interval memanjang, maka kemungkinan ada gangguan pada hantaran listrik pada AV node, maka penamaannya AV-Block

Membaca EKG: Gelombang QRS, atau “Kompleks QRS”
Gelombang QRS terdiri atas, gelombang Q, Gelombang R, dan Gelombang S.
Gelombang Q, merupakan defleksi negatif pertama pada QRS kompleks, dalamnya tidak boleh melebihi sepertiga gelombang R, atau lebih dari 3 kotak kecil
Gelombang R, Merupakan defleksi positif pada QRS kompleks
Gelombang S, merupakan defleksi negatif kedua pada QRS kompleks
morfologi qrs kompleks, penamaan gelombang QRS, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Prinsip QRS kompleks:
Kompleks QRS tidak harus memiliki gelombang Q,R,S
Lebar QRS kompleks adalah 0,04 sampai 0-12 detik
Kompleks QRS bisa hanya terdiri dari gelombang RS saja, QS saja. Pelajari lebih lanjut  morfologi kompleks QRS
Gelombang QRS terbentuk akibat adanya depolarisasi Ventrikel
Apabila ada kelainan pada lebar dan bentuk dari QRS kompleks, maka penamaan dari gelombang tersebut pada umumnya disebut Ventrikel, seperti “ventikel takikardi, ventrikel fibrilasi, ventrikel flutter”.

Membaca EKG: Gelombang T
Gelombang T merupakan gambaran aktivitas repolarisasi ventricles. Bila gelombang T berbentuk lembah maka gelombang T tersebut disebut “T-Inverted”

Membaca EKG: Segmen ST.
ST segment merupakan gambaran repolarisasi ventricular. ST segment normal membentuk sejajar dengan garis baseline. Bila ST segment terbentuk di atas garis baseline maka disebut “ST-elevasi, lebih lanjut disebut STEMI”. JIka ST segment terbentuk di bawah garis baseline maka disebut “ST-Depresi, lebih lanjut disebut Non STEMI atau NSTEMI.”
ST segment, ST depresi, ST elevasi, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Membaca EKG: Interval QT
interval QT merupakan depolarisasi dan repolarisasi ventrikel.

7. Menentukan Irama dan Frekunsi Jantung
Anda sudah selangkah lebih dekat untuk bisa membaca EKG 1 lead dan EKG 12 lead. Prinsip berikutnya yang perlu anda ketahui adalah Menentukan Irama jantung dan menghitung frekuensi jantung
Menentukan Irama Jantung.
Bisa Membaca EKG berarti bisa menentukan irama jantung. Irama jantung harus teratur, waktu yang dibutuhkan jantung untuk memompa darah ke seluruh tubuh, atau waktu antara denyut yang satu dengan denyut yang lain harus sama. Ada dua cara untuk menentukan irama jantung:
a. Mengukur jarak antara gelombang R yang satu dengan gelombang R yang lain.
b. Mengukur jarak antara gelombang P yang satu dengan gelombang P yang lain.
Jika jarak antara gelombang P dengan gelombang P, atau Gelombang R dengan gelombang R sama, maka irama jantung tersebut teratur, jika tidak disebut aritmia.

Kita perlu alat bantu dalam Membaca EKG. Mengukur jarak antar gelombang R atau P dapat menggunakan kertas, penggaris, atau jangka untuk mengukur jarak antara gelombang R atau gelombang P. langkahnya adalah sebagai berikut.
1. Letakkan secarik kertas di atas kertas EKG tersebut,kemudian tandai gelombang R pertama dan gelombang R kedua. Jarak antara kedua gelombang tersebut menjadi patokan untuk mengukur jarak antra gelombang R.
2. Pindahkah kertas tersebut, lalu letakkan garis penanda yang kita buat tadi pada gelombang R kedua dan Gelombang R ketiga, dan seterusnya, nilai apakah jaraknya sama. Lihat ilustrasi gambar dibawah ini.

Menentukan Frekuensi jantung atau Heart Rate
Heart rate disebut juga nadi, heart rate adalah suatu proses aktivitas jantung dalam memompa darah dalam satu siklus. Jika heart rate lebih dari 100 maka disebut “takikardi”, namun bila heart rate kecil dari 60, maka disebut “bradikardi”. Membaca EKG itu mudah, semudah menghitung nadi.
Untuk menghitung heart rate dengan irama jantung yang teratur, kita bisa menggunakan 3 cara:
1. 300 dibagi umlah kotak besar antara gelombang R dengan gelombang R. Misalkan jarak antara dua gelombang R adalah 4 kotak besar maka: 300/4= 75, nadinya adalah 75 kali per menit.
2. 1500 dibagi jumlah kotak kecil. Misalkan jarak antara dua gelombang R adalah 25 kotak kecil, maka 1500/25= 60. nadinya 60 kali per menit.
3. Menghitung jumlah gelombang R pada 30 kotak besar dan dikali 10. Misalakan ada 7 gelombang R pada 30 kotak besar atau dalam 6 detik, maka 7×10=70, nadinya 70 kali per menit.

Bila irama jantung tidak teratur, maka untuk menghitung heart rate heartnya adalah sebagai berikut:
1. Tentukan jarak gelombang R yang paling panjang, hitung menggunakan cara pertama atau kedua dari cara menghitung hear rate diatas.
2. Tentukan jarak gelombang R yang terpendek, hitung sesuai langkah pertama
3. jumlahkan kedua heart rate tersebut dan bagi 2. Itulah heart rate dari pasien tersebut. Misalkan heart rate pada Gelombang R terpanjang 80, sedangkan heart rate gelombang terpendek 60, maka 80 + 60 / 2= 140/2 = 70 kali per menit.

Prosedur, Cara Pemasangan dan Perekaman EKG 12 lead, serta membaca EKG

Kita sudah belajar prinsip dasar dari cara membaca EKG 12 lead, sekarang kita akan belajar prosedur dan cara pemasangan EKG. Prosedur pemasangan EKG di bawah ini, adalah untuk mesin EKG otomatis. orang yang bisa Membaca EKG selayaknya bisa merekam EKG. SOP pemasang EKG harus lancar. Itu baru bisa disebut bisa Membaca EKG.

  1. Pastikan alat yang dibutuhkan telah tersedia:
    •    Mesin EKG, dengan kelengkapannya
    •    Jelly dan sarung tangan bersih
    •    Alat cukur (kalau perlu)
    •    Kapas alcohol
    •    Washlap basah
    •    Tissue
    •    Lem, gunting, kertas dokumentasi EKG.
  2. Minta klien menyebutkan identitasnya
  3. Jelaskan tujuan prosedur yang akan dilakukan.
  4. Lepaskan alat logam yang menempel pada tubuh klien, seperti jam tangan, kalung, gelang, gigi palsu yang terbuat dari logam.
  5. Minta klien untuk tidak stress, bergerak, tertawa, batuk, memegang pagar tempat tidur, selama pemeriksaan berlangsung.
  6. Cuci tangan
  7. Kenakan sarung tangan bersih
  8. Pasang tabir tempat tidur/ skrin
  9. Singkapkan pakaian atas ps
  10. Bersihkan area ekstremitas dan dada yang akan dipasangi elektroda dengan kapas alkohol.
  11. Beri jelly pada area pemasangan dan pada elektroda.
  12. Pasang elektroda dan kabel elektroda sesuai dengan lokasi elektroda. hindari memasang elektroda diatas massa otot yang besar dan struktur tulang:
        Kabel merah (R) untuk tangan kanan
        Kabel kuning (L) untuk tangan kiri
        Kabel hijau (F) untuk kaki kiri
        Kabel hitam (N) untuk kaki kanan
        Kabel C1 untuk V1 di ICS 4  batas garis sternum kanan.
        Kabel C2 untuk V2 di ICS 5 batas garis sternum Kiri
        Kabel C3 untuk V3 diantara V2 dan V4
        Kabel C4 untuk V4 di ICS 5 garis midklavikula
        Kabel C5 untuk V5 sejajar V4 di garis aksila depan
        Kabel C6 utnuk V6 sejajar V4 di garis aksila tengah
  13. Hubungkan kabel listrik EKG ke sumber listrik.
  14. Nyalakan system power listrik
  15. Set kecepatan pada 25mV
  16. Set ketinggian rekaman pada skala 1
  17. Lakukan kalibrasi 1 milivolt
  18. Lakukan rekaman 12 lead
  19. Setelah selesai, matikan power listrik dan lepaskan kabel/elektroda di tubuh klien, kemudian bersihkan sisa jelly yang menempel.
  20. Pastikan pasien dan lingkungan ps rapih sebelum ditinggalkan
  21. Rapihkan dan bersihkan elektroda EKG.
  22. Perhatikan respon/reaksi verbal/nonverbal klien selama rekaman EKG.
  23. Catat nama klien, umur, tanggal dan jam pembuatan serta nama perawat

letak sandapan ekg, belajar ekg, membaca ekg, ekg jantung, elektrokardiografi, alat ekg, pemeriksaan ekg, interpretasi ekg, cara ekg, cara baca ekg, baca ekg, sadapan ekg, pembacaan ekg, gambaran ekg abnormal, biaya ekg, gambaran ekg normal, echo jantung, rekam jantung, sinus takikardi, cara pemeriksaan ekg, memasang ekg, biaya rekam jantung, gambaran ekg atrial fibrilasi, gambar ekg grafik sinus, sinus aritmia, atrial fibrilasi ekg, makalah ekg, pasang ekg, cara memasang ekg, kelistrikan jantung, harga ekg, hasil ekg abnormal, letak ekg, hasil ekg, biaya echo jantung, pengertian ekg, st depresi,axis jantung, sinus bradikardi, cara mudah belajar membaca, sistem konduksi jantung, gelombang ekg, hasil ekg normal, gambar pemasangan ekg, prosedur pemasangan ekg ecg adalah, cara membaca hasil ekg, cara pasang ekg, gambar jantung dan keterangannya, fungsi ekg elevasi adalah, gambaran ekg stemi, prosedur ekg, sop pemasangan ekg, atrial fibrilasi pdf, batas jantung normal, tujuan ekg, apa itu ekg, cara membaca ekg pdf, letak pemasangan ekg, fungsi atrium kiri, interpretasi ekg pdf, q patologis, av blok derajat 1, elektrokardiografi adalah, cara membaca ekg, atrial fibrilasi, sinusitis adalah, letak jantung, cara pemasangan ekg, pemasangan ekg, ekg adalah, cara-pemasangan-cepat-membaca-ekg-12-lead-dan-ekg-1-lead
Pemasangan EKG Tambahan
Kita kadang diminta oleh dokter untuk, melakukan pemeriksaan EKG 12 lead untuk lead V3R, lead V4R, lead V7, lead V8, dan lead V9, namun kita tidak tahu, cara melakukan perekamannya, tenang jangan panik, saya akan memberikan penjelasan cara perekamannya dan letak elektroda tersebut dapa artikel “Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead” ini. Mari kita simak

Lead V3R di letakkan pada selah iga ke 4 antara lead V2R dan V4R
Lead V4R di letakkan pada selah iga ke 5 sejajar garis tengah klavikula kanan
Lead V5R di letakkan pada selah iga ke 5 sejajar garis aksila depan kanan
Lead V6R di letakkan pada selah iga ke 5 sejajar garis tengah aksila kanan
Lead V7 di letakkan pada selah iga ke 5 sejajar garis aksila belakang sejajar V6
Lead V8 di letakkan pada selah iga ke 5 sejajar garis tengah skapula kiri Sejajar V7
Lead V9 di letakkan pada selah iga ke 5 batas garis tulang belakang kiri sejajar V8

Kita sudah mengerti dan memahami letaknya, tapi kabel EKG hanya ada 10 ? trus bagaimana? jangan panik! untuk merekam Lead V3R, V4R, V7, V8, V9 kita dapat menggunakan elektroda perikordial yaitu elektroda V1,V2…atau C1, C2 tergantung merek produsen Kabel EKGnya dan ingat elktroda pada kaki dan tangan jangan terlepas. Hanya pada saat perekaman jangan lupa menyesuaikan selektor gambaran EKG dengan elektroda perikordial yang digunakan, dan segera menulis nama lead EKG yang kita rekam pada kertas EKG, karena secara otomatis mesin akan menuliskan gambaran EKG sesuai dengan nama kabel perikordial.
Misalkan kita mengukur V3R menggunakan V1, maka kita arahkan selektor pada V1, agar yang terekam hanya V1 saja, tidak mulai dari lead 1 lagi. Mengukur V4R menggunkan V2, maka kita arahkan selektor pada V2. Pada mesin EKG ototmatis, Saat kita akan merekam mulai dari V1, secara otomatis mesin akan merekam mulai dari V1 hingga V6 tetapi pada mesin manual kita harus merekam satu per satu. Sama halnya ketika kita akan mengukur lead V7, lead V8, dan lead V9.

 

Cara Membaca EKG 1 Lead

Sekarang mari kita mulai membaca EKG. Sebelum melangkah pada materi selanjutnya, saya ingin anda telah paham nama gelombang pada kertas EKG, dapat menyebutkannya, dan mengetahui gelombang EKG normal, jika belum ulanglah kembali materi diatas, sampai anda paham. Jika anda telah paham materi diatas maka anda telah siap untuk Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead.

EKG 1 lead, digunakan untuk mengetahui gangguan pada listrik jantung, baik gangguan pada hantaran atau pembentukan listrik jantung. EKG 1 strip sering juga disebut EKG monitor, lead EKG yang dibaca adalah gambaran jantung pada Lead II. Adapun Alasan mengapa lead II diambil sebagai gambaran pada monitor, karena lead Lead dapat mewakili semua keadan pada sandapan yang lain.

Untuk dapat membaca EKG 1 lead, cukup hanya 5 langkah, ya benar hanya ada 5 langkah membaca EKG.
Berikut langkah-langkah membaca EKG 1 lead:
1. Tentukan Iramanya teratur atau tidak
2. Tentukan heart ratenya
3. Periksa apakah ada gelombang P, dan selalu diikuti kompleks QRS
4. Hitung PR interval, ingat PR interval normal adalah 3-5 kotak kecil, atau 0,12 sampai 0,20 detik.
5. Hitung durasi atau lebar QRS kompleks, lebar QRS kompleks adalah 0,6 detik-0,12 detik.

Kunci dari membaca EKG 1 lead adalah menghafal kriteria disritmia, bila anda telah menghafal kriteria disritmia, anda dapat menyebutkan gambaran EKG tersebut. Atau jika anda belum hafal, jangan takut, setidaknya anda masih dapat menyebutkan bahwa EKG tersebut abnormal atau normal, jika ada salah satu saja dari kriteria diatas yang tidak sesuai maka, gambaran EKG tersebut abnormal.

Dalam artikel Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead ini, saya hanya menuliskan 2 kriteria aritmia saja. Nantikan artikel berikutnya mengenai Kriteria EKG abnormal.

Sinus Bradikardia
– Irama teratur
– Heart rate <60 kali per menit
– Gelombang P normal, Gelombang P selalu diikuti oleh kompleks QRS, dan gelombang T
– PR interval normal
– QRS kompleks normal

Sinus Takikardia
– Irama teratur
– Heart rate >100 kali per menit
– Gelombang P normal, Gelombang P selalu diikuti oleh kompleks QRS, dan gelombang T
– PR interval normal
– QRS kompleks normal

Cara membaca EKG 12 Lead

Sekarang kita telah sampai pada pembahasan akhir dari artikel Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead. Tujuan utama dari membaca EKG 12 lead adalah untuk menentukan adanya ACS atau acute coronary syndrome, atau dalam bahasa Indonesia disebut SKA.

Jika kita telah memahami dan dapat menyebutkan gelombang EKG normal, maka untuk bisa membaca EKG 12 lead adalah menghafal kriteria dari tiga macam ACS dan menghafal lokasi jantung pada EKG 12 lead.
Tiga Macam ACS:
1. Angina Pektoris
2. N-STEMI
3. STEMI

Lokasi Jantung pada EKG 12 lead
– Anterior = Lead V3, V4
– Septal = lead V1, V2
– Lateral = lead 1, aVL, V5, V6
– Inferior = lead II, III, aVF
– Posterior = Lead V7, V8, V9
– Ventrikel Kanan = Lead V3R, V4R,V5R, V6R

Artikel Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead ini, hanyalah pengenalan atau dasar saja, tetapi bukan berarti anda belum bisa membaca EKG, Anda telah bisa membaca EKG pada level Dasar, untuk bisa membaca EKG lanjutan, anda dapat menghubungi penulis melalui halaman Contact Us untuk belajar lebih lanjut atau mengetahui pelatihan EKG terdekat di kota anda, atau mungkin melakukan Pelatihan EKG di institusi anda. Bagikan artikel “Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead” ini, bila anda menyukainya, atau tinggalkan komentar untuk perbaikan lebih baik.

Other articles you might like;

Pencarian terkait:

  • cara pemasangan ekg pdf
  • cara membaca ekg 12 lead
  • pemasangan ekg
  • cara pemasangan ekg
  • cara memasang ekg
  • cara pasang EKG
  • cara ekg
  • pemasangan ekg pdf
  • letak pemasangan ekg
  • letak ekg
  • prosedur pemasangan ekg pdf
  • indikasi sadapan v7 v8 v9
  • cara baca ekg

One thought on “Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead”

1 Pingbacks

  1. […] Cara Pemasangan, Cepat Membaca EKG 12 lead dan EKG 1 Lead […]

Write a Reply or Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *